CARA PENGURUSAN SPM ONLINE

  15 Mei 2017  |  DESA KEPUNDUNGAN

SPM adalah surat keterangan untuk mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang anggarannya disediakan pemerintah daerah. Para penerima SPM adalah warga miskin yang belum masuk dalam jaminan kesehatan, baik jaminan kesehatan nasional penerima bantuan iuran dan jaminan kesehatan daerah.

SPM memudahkan warga desa karena lebih efektif dan efisien. Datanya jalan di sistem dari desa sampai kabupaten, lalu dokumen diterbitkan di desa. Ada barcode untuk verifikasi. Ini realtime. Ini adalah buah dari pendekatan TIK ke desa dalam program Smart Kampung.

Keutamaan SPM online adalah waktu pengurusan yang jauh lebih cepat, dari semula 6 hari karena harus ke kantor kabupaten, sekarang cukup 30 menit. ”Kecuali yang membutuhkan verifikasi lanjutan, maksimal 6 jam. Misalnya ada nama baru kok minta surat keterangan, maka perlu dikroscek. Ini sangat memudahkan warga desa, khususnya warga miskin.

Syarat-syarat pengajuan SPM Online :
1. Surat Rujukan dari Puskesmas
2. Surat Pernyataan Miskin - Form C4
3. Scan Foto copy E-KTP Kepala Keluarga dan yang sakit dan difoto copy (dilegalisir camat)
4. Foto copy Kartu Keluarga (dilegalisir camat)
Semua persyaratan dilengkapi dan diserahkan kepada petugas Desa untuk di entry sesuai dengan 18 (delapan belas) macam kreteria kemiskinan pada waktu verifikasi lapang oleh KesRa dan ditanda tangani Kepala Desa dan di UPLOAD ke system untuk proses selanjutnya.

Contact Details

  Alamat :   Dsn. Kepundungan Rt 02 Rw 01 Ds. Kepundungan Kec. Srono Kab. Banyuwangi
  Email : desakepundungan@gmail.com
  Telp. :
  Instagram : desa.kepundungan
  Facebook : Pemdes Kepundungan Bangkit
  Twitter : @desakepundungan


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi